Kreator Komik Wajib Coba! Cara Kreator Webtoon Mendapatkan Uang dari Webtoon

Apakah kamu merupakan pecinta komik? Jika iya, maka kamu sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantre membeli komik di toko buku lho!. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kini komik dapat kamu nikmati dan baca sepuasnya melalui genggamanmu, yup komik online dapat kamu akses melalui gadgetmu! Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan kreator komik yang kamu sukai dengan memberikan komentarmu di kolom komentar. 

Apa sih komik online tersebut? Webtoon merupakan komik online yang sangat digemari oleh pecinta komik saat ini. Seperti apa sih Webtoon itu? 

Apa Itu Webtoon?

Cara Kreator Webtoon Mendapatkan Uang dari Webtoon
Source : hanithelightoflove

Komik yang dapat diakses secara online melalui website dengan menggunakan laptop atau smartphone dapat disebut juga dengan istilah Web Comic. Salah satu Web Comic yang digandrungi oleh remaja saat ini yaitu Webtoon. Webtoon merupakan Web Comic dari Korea Selatan yang memiliki beberapa kategori genre seperti horor, fantasi, drama, dan lain-lain. Para kreator Webtoon akan mengupload secara berkala karya komik mereka sesuai dengan jadwal yang mereka tentukan, sehingga kamu dapat menikmati berbagai cerita menarik disini. 

Tidakkah kamu juga ingin menjadi kreator Webtoon? Kamu dapat membagikan komik online buatanmu disini, selain itu kamu juga bisa memperoleh uang lho dari menggambar komik di Webtoon! Sebelum menjadi kreator, kamu harus memiliki akun Webtoon terlebih dahulu. 

Cara Mendaftar dan Membuat Akun Webtoon

  1. Buka situs website webtoons.com atau kamu dapat mengklik link ini https://www.webtoons.com/id/
  2. Masukkan email dan password yang sudah kamu daftarkan di akun Line mu (jika ingin membuat akun Webtoon, kamu harus memiliki akun Line terlebih dahulu)
  3. Setelah login berhasil, maka kamu akan mendapatkan pesan dari Line bahwa kamu telah terdaftar di Webtoon.
  4. Edit profilmu sesuai keinginanmu.

Setelah kamu memiliki akun Webtoon, kamu sudah bisa menerbitkan karya komikmu. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Klik “terbitkan” yang terdapat disebelah namamu.
  2. Pilih genre komik yang akan kamu upload. Ukuran cover komik harus 436px x 436px
  3. Isilah data informasi mengenai komikmu secara lengkap.
  4. Masukkan komikmu dengan membaginya sesuai dengan episode.
  5. Gambar pada komik harus memiliki ukuran 700px x 1000px.
  6. Setelah semua data telah diisi, kemudian klik “terbitkan”. Kini komikmu sudah dapat dinikmati oleh para pecinta komik.

Sekarang kamu bisa menghasilkan uang dari Webtoon jika kamu sudah berhasil menjadi kreator Webtoon. Bagaimana sih cara kreator Webtoon mendapatkan uang dari Webtoon? Simak yuk cara kreator Webtoon mendapatkan uang dari Webtoon berikut ini.

Intip Cara Kreatif Kreator Webtoon Mendapatkan Uang dari Webtoon! Nggak Bikin Karya Sia-Sia

Baca Juga : Inilah Kisaran Penghasilan Komikus Webtoon, Bisa Sampai Puluhan Juta Lho!

1. Mengikuti Rising Star di Webtoon

Rising Star merupakan program dari Webtoon yang berhadiah Rp. 5.000.000 untuk kreator terbaik. Pengumuman pemenang akan diumumkan setiap satu bulan sekali. Tujuan dari program ini adalah agar para kreator lebih semangat untuk berkarya di Webtoon. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program ini :

  • Telah menerbitkan karya di Webtoon Challenge.
  • Update komik harus lebih dari 3 kali selama 3 bulan terakhir.
  • Jumlah viewers minimal adalah 50.000
  • Jumlah favorit minimal adalah 3.000

2. Konsisten Menerbitkan Komik

Kamu harus rajin dan konsisten mengupload karya komikmu di Webtoon. Salah satu persyaratan mengikuti Rising Star Webtoon adalah update komik lebih dari 3 kali selama 3 bulan terakhir. Hal ini dapat membuat karyamu lebih memungkinkan dilihat dan disukai oleh banyak orang. Jadi, konsistenlah mengupload karya komikmu ya!

3. Webtoon Challenge

Webtoon Challenge adalah layanan yang memungkinkan para kreator untuk mengupload karya komik mereka secara online sehingga dapat muncul dan dinikmati oleh para pecinta Webtoon diseluruh dunia. Jika kamu sudah mengupload karyamu di Webtoon Challenge, maka kamu berkesempatan untuk mengikuti program Rising Star Webtoon.

Untuk menunjang peforma karya komikmu di Webtoon, kamu harus memastikan bahwa komikmu banyak dibaca dan disukai oleh banyak orang agar kamu dapat memperoleh penghasilan dari Webtoon. Oleh karena itu, Mezink App dapat membantumu untuk menyebarluaskan komikmu, sehingga kamu dapat memperoleh lebih banyak uang.

Apa sih Mezink itu?

Cara Kreator Webtoon Mendapatkan Uang dari Webtoon

Mezink adalah link dalam bio yang dapat memuat berbagai link pentingmu ke dalam satu link atau tautan saja. Kenapa sih kamu sebagai kreator Webtoon wajib mendownload Mezink App? Berikut beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh :

  1. Mezink dapat mempermudah para fansmu untuk memberikan apresiasi pada karyamu. Kamu dapat membagikan link Webtoonmu pada para fansmu di berbagai sosial mediamu, sehingga mereka dapat dengan mudah mengunjungi dan menikmati karya komikmu. Hal ini dapat memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak viewers dan like dari banyak orang, sehingga kamu dapat memenuhi syarat mengikuti program Rising Star Webtoon.
  2. Kamu dapat menjual produk karya digital komikmu dalam bentuk PDF melalui Mezink App lho! Buatlah website untuk menjual produk digital komikmu, kemudian kamu bisa mencantumkan link website jualanmu tersebut pada Mezink App. Setelah itu, kamu dapat menyebarluaskan dan meletakkan Mezink Linkmu diberbagai sosial mediamu. Raih banyak penghasilan menggunakan Mezink App.

Itulah cara kreator Webtoon mendapatkan uang dari Webtoon. Bagaimana ? Apakah kamu tertarik menjadi kreator Webtoon? 

Publikasikan berbagai link pentingmu menggunakan Mezink App. Optimalkan setiap bisnismu dan sosial mediamu dengan Mezink App. Download Mezink App sekarang juga.

Video Cara Menyalin Link Website / Blog & Menambahkan Ke Halaman Mezink

More from the blog

Cara Memperjelas Foto Online, Ubah Foto Jadi HD

Dalam era digital saat ini, memiliki foto dengan kualitas tinggi tidak hanya menjadi keinginan tapi juga kebutuhan. Entah itu untuk keperluan profesional seperti konten...

Adobe Podcast AI: Pengertian, Cara Pakai dan Tips

Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang, termasuk produksi podcast. Adobe, salah satu perusahaan perangkat...

Cara Membuat Podcast di Spotify dalam 30 Menit

Membuat podcast bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik dan memuaskan, terutama jika kamu memiliki minat atau pengetahuan dalam suatu topik tertentu yang ingin kamu...

Podcast adalah Konten Audio Tren?Memahami Konsep Podcast

Podcast adalah salah satu fenomena media yang paling menarik dan berkembang pesat di era digital ini. Namun, bagi sebagian orang, konsep podcast mungkin masih...