Inilah Kisaran Penghasilan Komikus Webtoon, Bisa Sampai Puluhan Juta Lho!

Karya-karya dari kreator digital kini semakin diminati oleh banyak orang. Sebut saja contohnya seperti webtoon. Webtoon adalah sebuah karya berupa kartun atau komik yang dapat dinikmati secara online di website. Nah, menjamurnya trend membaca webtoon ini pun semakin membuka kesempatan kerja bagi para kreator untuk beralih profesi menjadi komikus webtoon. Namun sebenarnya, berapa sih penghasilan komikus webtoon ini? Penasaran? Yuk, simak artikel lengkapnya berikut.

Apa Itu Webtoon?

Sebelum kamu mengetahui lebih jauh soal penghasilan komikus webtoon, ada baiknya jika kamu mengenal terlebih dahulu apa itu webtoon. Seperti yang dijelaskan di atas, webtoon adalah sebuah website yang menyediakan berbagai komik digital yang dibaca secara online. Webtoon pun memiliki ciri khas tampilan panel atas bawah. Sehingga untuk membacanya kamu harus scrolling terlebih dahulu.

Salah satu platform webtoon yang terkenal di Indonesia saat ini adalah Line Webtoon di mana lebih dari ribuan jenis dan kategori webtoon sudah terpublish. Untuk bisa mengunggah karya webtoon milik kamu. Kamu diharuskan untuk membuat 24 episode dalam satu minggu. Kemudian platform tersebut akan memberikan sebuah uang jaminan produksi dengan kisaran sebesar 6.5 juta rupiah hingga 8 juta rupiah.

Penghasilan Komikus Webtoon

Sebagai seorang komikus webtoon tentu kisaran penghasilan yang kamu peroleh tidak akan sama dengan satu sama lain. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah tingkat popularitas webtoon hingga platform yang kamu pilih. 

1. Komikus Webtoon Resmi

Untuk seorang komikus webtoon resmi, penghasilan yang kamu dapatkan cukup fantastis bila sudah memiliki rating yang bagus. Kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga menyentuh 10 juta rupiah perbulannya. Namun, jika kamu masih berada di tahap awal karir. Kisaran penghasilan yang kamu dapatkan bisa mulai dari 700 ribu rupiah.

Ingatlah jika faktor popularitas komik juga merupakan hal yang penting untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Semakin populer dan banyak orang yang menyukai komik kamu. Maka semakin banyak pula pundi-pundi penghasilan yang kamu raup. Oleh karena itu, usahakan untuk totalitas dalam menghasilkan sebuah karya.

2. Komikus Challenger/Canvas

Nah, selain kamu bisa mengunggah karya dengan bekerja sama bersama platform webtoon. Kamu juga bisa lho mengunggah sendiri karya komik kamu di platform-platform media sosial dan mendapatkan donasi dari fans kamu. Trend ini bahkan sudah dilakukan oleh berbagai konten kreator. Biasanya mereka mengunggah karya komik mereka ke twitter kemudian menambahkan link donasi. Alternatif lainnya adalah kamu jika bisa open submission. Yakni membuka jasa untuk mengubah foto menjadi karya komik 2D. Penghasilan dari komikus challenger/canvas ini juga lumayan banyak lho. Kamu bisa meraup keuntungan minimal 500 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah setiap bulannya.

Bila kamu tertarik mencoba menjadi komikus challenger, kamu bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi Mezink. Di mana kamu bisa membuka donasi untuk setiap karya yang kamu buat hingga membuat link ke berbagai akun media sosial kamu dengan satu aplikasi.

Aplikasi Mezink juga menawarkan jumlah minimum donasi dengan nominal yang lebih sedikit dibanding dengan platform lainnya. Yaitu hanya sebesar 10 ribu rupiah saja, para fans bisa berdonasi. Jadi, kamu bisa menjangkau lebih banyak saweran atau donasi dari fans kamu. 

Nah, itulah dia artikel lengkap yang membahas tentang penghasilan komikus webtoon. Tertarik menjadi komikus webtoon? Yuk, buat profil konten kreator profesional hingga monetisasi seluruh konten milik kamu lewat aplikasi Mezink! 

Download aplikasinya dan nikmati berbagai fitur eksklusif kami untuk memudahkan kamu menjadi konten kreator.

Jadi YouTuber Terkenal Dengan Mezink

More from the blog

Bootcamp adalah: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya

Dalam dunia pendidikan dan pengembangan keterampilan, istilah "bootcamp" semakin populer. Bootcamp adalah program pelatihan intensif yang dirancang untuk mempercepat pembelajaran dan pengembangan keterampilan dalam...

5 Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Content writer dan copywriter seringkali disamakan dalam dunia tulis-menulis. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal tujuan, gaya penulisan, serta strategi pemasaran...

Cara Membuat Animasi Bergerak Di Power Point

PowerPoint merupakan salah satu perangkat lunak presentasi yang paling populer digunakan oleh banyak orang untuk membuat presentasi yang menarik dan dinamis. Salah satu fitur...

Apa Itu Sales Marketing: Skill Wajib, Tugas dan Gaji

Sales marketing adalah salah satu bidang yang vital dalam dunia bisnis. Seorang profesional sales marketer bertanggung jawab untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa...