Cara Mendapatkan Sponsor di Tiktok, Hasilkan Uang dengan Mudah

Platform Tiktok menjadi pioner media sosial berbasis video singkat. Lebih dari sekadar aplikasi untuk menghibur diri. Tiktok kini seolah juga berubah fungsinya menjadi platform untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Tak tanggung-tanggung, akibat popularitas dan algoritma yang cukup friendly. Ribuan orang berhasil meraup penghasilan hingga puluhan juta rupiah.

Cara mendapatkan uang dari Tiktok ini pun sebenarnya cukup variatif. Sama seperti media sosial pada pendahulunya. Tiktok memungkinkan kamu mendapatkan uang dari live dan juga memasang konten berbayar atau sponsor. Lantas bagaimanakah cara mendapatkan sponsor di Tiktok? Simak artikelnya berikut ini.

Berbagai Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Meskipun termasuk media sosial yang baru saja dirilis. Tiktok berhasil mengakuisisi berbagai kategori fungsi media sosial. Misalnya saja sebagai media sosial yang dapat membantu kamu mendapatkan uang ketika live streaming sekaligus marketplace jual beli.

Nah, bila kamu seorang content creator atau penyedia jasa. Kamu bisa loh mencoba berbagai cara agar bisa mendapatkan uang tambahan dari Tiktok. Pasalnya Tiktok sendiri termasuk platform yang cukup fleksibel dalam hal monetisasi konten.

1. Donasi

Kalau kamu seorang content creator yang sering menjajakan bakat melalui live streaming atau daily post konten. Maka tak ada salahnya kamu mencoba untuk mendapatkan donasi dari para penggemar. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu membuat link donasi melalui aplikasi Mezink. Kemudian menyantumkannya pada deskripsi di setiap video yang kamu unggah, profil bio hingga deskripsi video live streaming kamu.

2. Saweran Live Tiktok

Tiktok sendiri menyediakan fitur sawer untuk para konten kreator. Kamu bisa memberikan konten kreator kesukaanmu sebuah bunga mawar, kopi, teh, makanan, kastil hingga harimau. Tentu saja, semua jenis saweran ini punya harga yang berbeda-beda. Contohnya saja mawar yang bisa kamu beli dengan 1 koin Tiktok.

Meskipun terkesan seru, namun saweran live Tiktok ini memiliki kelemahan yaitu kamu tidak akan bisa mendapatkan uang tambahan ketika live sudah berakhir. Jadi kami menyarakan agar kamu memasang link donasi dari aplikasi Mezink saja.

Baca Juga: Kaya Mendadak di Tahun 2022! Ikuti Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok untuk Pemula Ini

3. Marketplace Affiliate

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan kata “affiliate” yang kini marak dilakukan oleh sebagian orang. Dengan menjadi bagian affiliate sebuah Marketplace kamu bisa mendapatkan uang lebih. Kisaran keuntungan yang kamu dapatkan pun cukup banyak. Yakni sebesar 5% dari harga produk bisa kamu dapatkan jika ada orang yang membeli lewat link yang kamu miliki. Caranya adalah dengan membagikan link produk-produk yang kamu review.

Guna mengorganisir puluhan hingga ratusan link yang sudah kamu kumpulkan tersebut. Kamu bisa menggunakan aplikasi Mezink yang memudahkan kamu mencantumkan berbagai link website disertai icon-icon menarik.

4. Konten Sponsor

Kuatnya komunitas dan penikmat Tiktok. Membuat para pebisnis kini mulai beralih untuk memfokuskan penempatan sponsornya di Tiktok. Hal ini pun menjadi angin segar buat konten kreator yang sudah memiliki fame agar bisa membuka kerja sama sponsor.

Namun, konten bersponsor ini tidak diatur oleh Tiktok ya. Jadi besar kecilnya upah yang akan kamu dapatkan harus kamu yang mengatur sendiri alias berdasarkan negosiasi antara kamu dan pihak klien.

Cara Mendapatkan Sponsor di Tiktok

Setelah kamu tahu apa saja cara mendapatkan uang dari Tiktok. Kini saatnya kita kembali ke pembahasan utama yaitu tentang cara mendapatkan sponsor di Tiktok. Di mana setiap engagement harian yang kamu miliki. Baik itu berupa like, komen, share hingga jumlah tayangan video sangat mempengaruhi hasil uang yang akan kamu dapat.

Artinya, akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sudah memiliki ribuan followers aktif setiap harinya. Nah, untuk memperluas kesempatan kamu mendapatkan sponsor Tiktok ini. Kamu bisa melakukan beberapa cara.

  1. Aktif Mengunggah Video : Ini adalah cara jitu agar membuat akun Tiktok kamu makin dikenal luas dan mendapatkan banyak followers yang tentu akan meningkatkan engagement kamu. Ingatlah jika algoritma Tiktok menyukai konten kreator yang rajin dan komitmen membuat konten harian.
  2. Review Produk yang Kamu Suka : Marketing dari mulut ke mulut dan review jujur kini makin disukai oleh publik. Maka tak heran kalau saat ini banyak sekali konten Tiktok dengan tema serupa yang bermunculan. Meskipun pada awalnya banyak sekali yang hanya iseng mereview suatu produk. Akan tetapi banyak lho pebisnis yang akhirnya menyukai konten tersebut dan kemudian mensponsori video mereka.

Itulah dia cara mendapatkan sponsor di Tiktok yang bisa kamu coba. Semoga membantu kamu ya!

how to earn money from tiktok for beginner

More from the blog

Cara Edit Foto Jadi Anime dengan TikTok dan Web

Kamu pasti pernah mengkhayal menjadi karakter anime, bukan? Wajah yang unik, mata yang besar, dan ekspresi yang menggemaskan. Kini, melalui kemajuan teknologi, impian itu...

Content Plan: Pengertian, Tools & Template Untuk Medsos

Membuat content plan media sosial bulanan memungkinkan kamu untuk mengatur konten kamu terlebih dahulu dan menjamin bahwa kamu akan memiliki aliran posting yang berkelanjutan...

Cara Menggunakan TikTok Analytics Di HP dan Desktop

Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial yang paling disukai, dan pada tahun 2023, nilainya bagi perusahaan dan...

Daftar Hari Peringatan dan Tanggal Merah 2023 Untuk Postingan Sosmed

Dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi praktik umum bagi orang untuk membuat posting di media sosial memperingati berbagai hari libur dan hari-hari istimewa. Manfaat...